Lompat ke isi utama
x

Sejarah Singkat PSDKU Unsyiah Galus

sejarahDirektur Jenderal (Dirjen) Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., secara resmi membuka kampus Universitas Syiah Kuala yang terletak di Kabupaten Gayo Lues, Selasa (2/9). Peresmian ini bertepatan dengan hari jadi Unsyiah yang ke-53 tahun yang diperingati setiap tanggal 2 September. Peresmian ini juga didampingi oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng.; serta Bupati Gayo Lues, H. Ibnu Hasim, S.Sos., M.M., beserta para pejabat di Kabupaten Gayo Lues.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc. memaparkan perlunya pemerataan pendidikan, apalagi minat masyarakat di daerah tersebut terhadap akses pendidikan sangatlah tinggi. Hal ini perlu didorong demi tercapainya tujuan pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., yang dalam sambutannya tampak antusias mengembangkan kampus di daerah Pegunungan Leuser ini. “Kita yakin, perlunya perluasan akses pendidikan bagi daerah pedalaman ini akan menambah geliat masyarakat, betapa pentingnya pendidikan untuk mewujudkan sektor pembangunan yang lebih baik,” harapnya.

Ibnu Hasyim, Bupati Gayo Lues, mengucapkan apreasisasi kepada Rektor Unsyiah dan Dirjen Dikti atas keseriusan mereka mengembangkan kampus yang berjuluk “Jantong Hatee Rakyat Aceh” ini. “Saya berterima kasih kepada Rektor Unsyiah dan Kemendikbud yang telah berupaya besar dalam mewujudkan hadirnya kampus Unsyiah di Gayo Lues,” ujarnya.

Peresmian kampus Unsyiah Gayo Lues ini turut dihadiri pula oleh sejumlah pejabat rektorat Unsyiah, para kepala dinas kabupaten setempat, para camat seluruh Kabupaten Gayo Lues, dan ratusan masyarakat Gayo Lues yang antusias dan senang dengan hadirnya kampus Unsyiah Gayo Lues.

Mulai tanggal 3 September sampai dengan 5 September 2014 sudah dibuka pendaftaran mahasiswa baru pada kampus tersebut dengan biaya pendaftaran Rp300.000,00. Pendaftaran kali ini masih dengan sistem manual. Ujian tulis akan dilaksanakan pada 6 September 2014, selanjutnya pengumuman kelulusan pada tanggal 8 September 2014 di laman website www.unsyiah.ac.id. Lokasi ujian dilaksanakan dalam kompleks kampus Unsyiah Gayo Lues.

Perlu diketahui, kampus Unsyiah Gayo Lues bukanlah kampus dengan kategori kelas jauh. Tapi, ini merupakan kampus Program Studi di Luar Domisili (PDD) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Tahun ajaran 2014/2015 ini telah dibuka tiga fakultas yang terbagi dalam empat program studi. Keempat program studi tersebut adalah Prodi Ekonomi Manajemen (Fakultas Ekonomi), Prodi Pendidikan Biologi (FKIP), serta Prodi Agroteknologi dan Prodi Kehutanan (Fakultas Pertanian). Tahun depan direncanakan akan dibuka Fakultas Kehutanan karena potensi yang sangat besar pada kawasan Gunung Leuser.[mr-be]